Amandel Bisa Disembuhkan Tanpa Operasi, Perhatikan Obat Herbal Ini

Obat amandel – Amandel atau tonsilitis adalah penyakit yang menyebabkan pembengkakan atau sakit tenggorokan. Dia membutuhkan perawatan agar dia tidak bertambah parah. Tonsilitis biasanya menyerang anak-anak dan remaja antara usia 5 dan 15 tahun.

Tonsilitis disebabkan oleh infeksi bakteri dan virus. Pengobatan yang bisa dilakukan bisa berupa pengobatan sendiri, pemberian obat yang dibeli di apotek, bahkan operasi.

Biasanya tonsilitis yang disebabkan oleh virus dapat diobati tanpa operasi. Pertama-tama, Anda dapat menggunakan pengobatan rumahan herbal untuk meredakan amandel yang bengkak. Berikut beberapa pengobatan herbal untuk mengurangi amandel dan mengobati peradangan dari berbagai sumber dan spesialis THT.

1. Jahe merah

Jahe merah dapat membantu mengobati tonsilitis. Kandungannya anti inflamasi, antibakteri dan antivirus.

Anda bisa mendapatkan secangkir rebusan jahe merah dan dua sendok makan madu di pagi dan sore hari. Ini dapat membantu membunuh bakteri dan virus penyebab tonsilitis.

2. Bawang putih

Bawang putih dapat digunakan untuk mengobati tonsilitis. Bawang putih mengandung antibiotik alami dan sifat anti inflamasi karena mengandung senyawa allicin.

Caranya adalah Anda bisa langsung mengunyah siung bawang putih. Jika Anda tidak menyukai rasanya, Anda bisa menambahkan warna putih di setiap bumbu. “Yang terbaik adalah memakannya mentah. Ada baiknya jika anak-anak mau memakannya,” kata Christian Hari, ahli THT RSMC di Jakarta, Rabu (15/1/2020).

3. Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam hangat dapat membantu meredakan tonsilitis dan mengobati infeksi. Cara menyiapkannya, campurkan setengah sendok teh garam dalam secangkir air hangat, lalu aduk hingga tercampur rata. Berkumurlah selama beberapa detik, lalu keluarkan.

Anda juga dapat mencobanya jika anak Anda menderita tonsilitis. Tapi pastikan bayi cukup besar untuk mengerti cara berkumur. Temui dokter terlebih dahulu untuk mendapatkan pengobatan yang tepat untuk menyembuhkan.

4. Jambu biji

Jambu biji dapat membantu mengobati tonsilitis. Kandungan vitamin C yang tinggi dapat meningkatkan stamina dan mempercepat penyembuhan radang amandel. Anda bisa membuat jus jambu biji, yang diminum dua kali sehari.

5. Kunyit

Kunyit mengandung sifat anti-inflamasi dan antiseptik alami yang dapat digunakan untuk mengobati tonsilitis. Isinya bisa melawan infeksi penyebab radang tenggorokan.

Anda bisa mencampur bubuk kunyit dengan secangkir susu panas dan menambahkan lada hitam. Minum ramuan ini semalaman selama 2-3 hari. Tonsilitis mungkin perlahan membaik.

6. Kayu manis

Sifat antimikroba kayu manis dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan mikroorganisme lain yang berhubungan dengan amandel. Anda bisa menggunakan kayu manis untuk mengurangi pembengkakan dan nyeri di tenggorokan.

7. Bunga kuning Kamboja

Sup bunga kamboja kuning dapat membantu meredakan sakit tenggorokan dan membunuh bakteri penyebab tonsilitis. Air rebusan kamboja kuning juga dipercaya mengandung antibiotik alami yang ampuh seperti bawang putih.

Ini adalah pengobatan alami yang dapat digunakan untuk mengobati tonsilitis. Jika cara di atas tidak berubah, konsultasikan dengan dokter Anda untuk pengobatan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *